Manajemen bisnis merupakan upaya pengaturan
secara menyeluruh guna menjalankan sebuah usaha bisnis yang profesional dan
menghasilkan tujuan bisnis yang diinginkan. Manajemen bisnis dibutuhkan dalam
rangka tercapainya sebuah tujuan sebuah usaha bisnis baik dari aspek profit
maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh pihak pengelola bisnis.
Sebuah
proses pengaturan diperlukan agar sebuah usaha tidak sembarangan, mampu
melakukan perencanaan, target-target yang diinginkan serta dapat mengantisipasi
berbagai kemungkinan sebuah resiko usaha bisnis.
Sebuah
langkah profesional yang dilakukan sebelum merancang sebuah manajemen bisnis
biasanya dilakukan dengan membuat sebuah rancangan global sebuah bisnis atau yang
dikenal dengan business plan.
Business plan menyangkut bagaimana manajemen bisnis serta
perencanaannya dari berbagai aspek, diantaranya adalah manajemen pemasaran,
manajemen produksi, manajemen finansial dan sebagainya. Melalui
sebuah business yang mantap, biasanya sebuah usaha akan meyakinkan untuk
dikelola secara maksimal.
Untuk bentuk
usaha bisnis dengan skala kecil pun diperlukan sebuah upaya manajemen bisnis
yang baik, hanya berbeda pada ukuran skala saja serta pengerjaannya yang lebih
sederhana dan bisa dikerjakan rangkap oleh satu atau dua orang dari pengelola
bisnis tersebut. Beberapa hal yang menjadi patokan utama manajemen bisnis
diantaranya adalah beberapa hal berikut ini:
1. Manajemen
produksi
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
2. Manajemen
pemasaran
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Tanpa adanya
sebuah manajemen pemasaran yang baik, maka sebuah perusahaan akan mengalami
kondisi sulit dalam hal pemasukan atau income yang diperoleh. Pemasaran
memegang peran vital terhadap eksistensi sebuah perusahaan. Produk atau jasa
yang kurang bermutu pun akan bisa terjual laris apabila perusahaan Anda
memiliki seorang manajer pemasaran yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu
dijalankan dalam merancang sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.
3. Manajemen
distribusi
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
4. Manajemen
finansial
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Tanpa adanya
sebuah manajemen bisnis yang baik di bidang keuangan, maka biasanya perusahaan
tidak mendapatkan data keuangan yang jelas. Hal ini biasa dialami oleh para
pengelola bisnis kecil yang masih amatiran, dimana manajemen keuangan jarang
diperhatikan sehingga untung atau ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit
ditentukan.
Beberapa
bentuk manajemen bisnis di atas sangat penting diperhatikan oleh para pengelola
usaha bisnis yang ingin sukses dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa
adanya sebuah manajemen yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan akan mampu
berjalan dengan baik seperti yang menjadi harapan pemiliknya.
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar